Menu Close

Tanda Anak Siap untuk Makanan Bayi 6 Bulan

makanan bayi 6 bulan

Makanan bayi 6 bulan adalah waktu yang direkomendasi untuk mengenalkannya pada MPASI. Pemberian MPASI sangat penting untuk melengkapi kebutuhan gizi anak selama masa tumbuh kembang. Bayi secara alami harus mengembangkan keinginan untuk makan makanan padat.

Akan tetapi, pengenalan MPASI yang terlalu cepat, dinilai tidak boleh karena sebelum usia 6 bulan, saluran pencernaan anak belum cukup matang untuk menangani makanan padat. Anda juga dapat melihat beberapa ciri berikut ini yang menandakan anak sudah siap menerima MPASI. 

1. Bayi tidak memerlukan bantuan saat duduk

Jika anak Anda dapat duduk tegak sendiri tanpa bantuan, maka mereka seharusnya sudah siap untuk mencoba MPASI. Jika mereka masih tidak bisa duduk tegak, artinya masih terlalu dini memberikan MPASI.

2. Refleks dorongan lidah bayi tidak secara otomatis mendorong makanan padat keluar dari mulut

Refleks dorongan lidah kadang-kadang disebut ‘efek ekstrusi’. Kondisi ini adalah pada saat bibir bayi disentuh, lidah otomatis terdorong ke depan. Hal ini membantunya saat menyusui atau menyedot susu botol, tetapi tidak membantu saat makan makanan padat. Oleh karena itu, cobalah beberapa kali untuk memberi makan bayi dan jika mereka terus mendorongnya keluar, maka mereka belum cukup siap untuk menerima MPASI.

3. Bayi mencoba meraih makanan selama waktu makan dan memasukkannya ke dalam mulutnya

Saat Anda duduk untuk makan, apakah bayi Anda mencoba meraih makanan dan memasukkannya ke mulutnya sendiri? Ini adalah cara anak Anda memberi tahu bahwa mereka ingin mencoba makan makanan padat. Jika anak Anda melakukan ini, cobalah untuk segera memberi mereka Makanan bayi 6 bulan. Jika mereka masih menolaknya, Anda dapat mencoba lagi dalam beberapa hari ke depan.

4. Bayi ingin mengunyah

Apa yang bayi Anda lakukan dengan mulutnya saat tidak makan? Apakah mereka membuat gerakan mengisap, mengunyah atau tidak sama sekali? Jika Anda memperhatikan bahwa mereka sedang melakukan tindakan mengunyah, Anda dapat mencoba memberi mereka makanan padat dan melihat apakah mereka akan menerimanya atau tidak.

5. Gerakan menjepit

Setelah bayi Anda mengembangkan kemampuan untuk menggenggam sesuatu dengan ibu jari dan jari telunjuk, mereka kemudian mulai menggunakan jari-jari untuk mengikis makanan ke telapak tangan mereka.

Ketika Anda melihat bayi mulai mencoba melakukan ini, Anda harus mencoba memberi mereka makanan padat. Jika salah satu dari tanda-tanda ini mulai tampak, maka bayi Anda sudah siap untuk menerima MPASI, maka Anda dapat mencoba memberi mereka makanan bayi.

Anda tidak perlu bertahan terlalu banyak di awal. Cobalah untuk memberi makan bayi dengan lembut dan lihat apa yang terjadi. Coba beberapa kali dan Anda akan melihat apakah bayi Anda menunjukkan tanda-tanda ketertarikan. Jika tidak, coba lagi dalam beberapa hari.

Pada titik tertentu anak Anda akan mulai mencicipi makanan dan mencernanya. Ketika ini terjadi, Anda bisa mulai perlahan-lahan meningkatkan jumlah makanan yang mereka makan. Namun, semua bayi berbeda, mungkin saja anak Anda tidak menunjukkan tanda-tanda sama sekali. Awasi saja anak Anda dan ketika mereka berusia sekitar enam bulan, perhatikan perubahan perilaku mereka dan perlahan-lahan cobalah untuk memperkenalkan makanan bayi 6 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *