Menu Close

Kenali Manfaat & Cara Senam Kaki Diabetes

Kenali Manfaat & Cara Senam Kaki Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya orang dewasa, diabetes bisa menyerang usia muda karena faktor riwayat keluarga. Saat ini diabetes menjadi salah satu penyakit yang ingin dihindari. Meski sudah terkena diabetes, ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk tetap hidup bugar. Beberapa di antaranya adalah menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga. Namun, sudahkah Anda tahu tentang senam kaki diabetes?

Ada berbagai pilihan olahraga yang baik bagi penderita diabetes. Namun, senam kaki diabetes saat ini jadi salah satu yang direkomendasikan untuk diterapkan. Senam kaki bisa dilakukan dimana saja, dengan cara duduk, tidur, maupun berdiri. Selain itu, senam ini memiliki manfaat yang sangat baik jika dilakukan secara rutin. Lantas, apa saja manfaat yang dirasakan apabila menerapkan senam kaki diabetes?

Manfaat Senam Kaki Diabetes

Ada dua tipe penyakit diabetes yang harus Anda tahu. Tipe 1 adalah diabetes yang menyebabkan tubuh kesulitan memproduksi hormon insulin sehingga tubuh kesulitan untuk mengubah gula menjadi energi. Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan karena berbagai faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat  sehingga kadar gula dalam darah naik secara drastis. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penderita diabetes disarankan melakukan olahraga yang menggerakkan badan. Tubuh yang jarang melakukan aktivitas rentan terhadap obesitas dan sangat berbahaya jika menimpa penderita diabetes.

Senam kaki merupakan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan kapanpun, dimana saja, saat berdiri maupun duduk. Lakukan secara teratur, saat menonton televisi atau saat bersantai bersama dengan keluarga. Jika kaki Anda terasa dingin, disarankan untuk melakukan senam ini. Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan apabila menerapkan senam kaki diabetes

  • Senam kaki adalah olahraga yang fleksibel. Bisa dilakukan saat duduk, berdiri, maupun tidur.
  • Membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot kecil pada kaki.
  • Mencegah terjadinya deformitas (kelainan pada bentuk kaki)
  • Menurunkan risiko timbulnya komplikasi
  • Meningkatkan saraf sensoris

Tutorial Senam Kaki Diabetes 

Berikut cara senam kaki diabetes yang bisa Anda terapkan di rumah. Ada pilihan posisi yang bisa Anda coba!

Posisi duduk

Senam kaki dengan posisi duduk dapat dilakukan dengan cara duduk di kursi dengan posisi yang nyaman. Pastikan punggung duduk dengan tegak dan tangan berada di sisi badan. Angkat ujung kaki perlahan ke atas dengan posisi tumit menyentuh lantai. Selain itu, Anda bisa melakukannya dengan cara kedua tangan di sisi badan, usahakan kedua tumit tetap menyentuh lantai. Naikkan jemari kaki, turunkan, kemudian angkat kedua tumit ke atas, mirip seperti posisi kaki berjinjit. Lakukan gerakan secara bergantian selama sekitar 10 menit. 

Posisi berdiri

Pastikan tubuh dan kaki berdiri dalam posisi tegak. Kaki kiri melangkah ke belakang, tekuk lutut kaki kanan, hingga otot betis kaki terasa tertarik. Supaya peregangan berlangsung optimal, pastikan tumit kaki sebelah kiri tetap menyentuh lantai. Selanjutnya, gerakan kedua bisa dilakukan dengan posisi tubuh tegak, tangan berada di pinggang, angkat satu kaki hingga setinggi betis dan membentuk sudut 90 derajat. Lakukan cara tersebut bergantian selama kurang lebih 10 menit.

Posisi tidur

Tidak hanya duduk dan berdiri, senam ini juga bisa dilakukan dengan posisi tidur. Saat berbaring, luruskan kedua kaki dan lakukan gerakan senam kaki posisi duduk. Gerakannya sama, hanya saja Anda melakukannya dalam kondisi berbaring. 

Itulah manfaat dan cara senam kaki diabetes yang bisa Anda coba. Lakukan secara teratur terutama saat kaki terasa dingin. Kondisi tersebut menandakan adanya penyumbatan pada sirkulasi darah. Selain menerapkan senam kaki, imbangi juga dengan gaya hidup yang sehat, seperti makan dan minum gizi seimbang, olahraga, dan menghindari berbagai pantangan diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *