Menu Close

Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Menghitam di Apotek

Kulit merupakan lapisan pelindung tubuh terluar. Terkadang kulit yang terluka meninggalkan bekas luka. Beberapa bekas luka akan menghilang dengan sendirinya, tapi ada juga yang tak kunjung sembuh bahkan meninggalkan bekas menghitam. Hal ini tentunya membuatmu tak percaya diri. Untungnya kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan salep penghilang bekas luka

Kandungan dalam obat penghilang bekas luka

Obat penghilang bekas luka bisa berbentuk salep, gel, dan krim dengan kandungan dan kegunaan yang berbeda-beda. Sebelum membeli salep penghilang bekas luka, Anda perlu tahu apa saja kandungan dalam obat untuk mengetahui produk yang pas untuk mengatasi masalah Anda. 

Obat penghilang bekas luka dengan kandungan bahan aktif kortikosteroid  digunakan untuk menghilangkan bekas luka yang tampak sebagai tekstur kulit kasar yang menonjol atau keloid. Keloid disebabkan oleh pertumbuhan kolagen yang berlebihan sehingga jaringan parut muncul pada bekas luka. 

Untuk luka terbakar, pilihlah obat yang mengandung silikon. Silikon efektif memudarkan bekas luka bakar, bahkan juga bisa untuk menyamarkan bekas jerawat dan operasi. Namun, salep silikon tidak bisa menghilangkan bekas luka menahun. 

Arbutin glycoside dan asam kojic memiliki fungsi meratakan warna kulit yang mengalami pigmentasi berat. Anda bisa membeli salep penghilang bekas luka dengan kandungan kedua bahan tersebut untuk menghilangkan bekas luka menghitam. 

Terakhir ada ekstrak tek hijau. Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (ECGC) sebagai antioksidan kuat yang terbukti dapat mencerahkan kulit sekaligus mengontrol produksi kolagen untuk mencegah terbentuknya keloid.  

Selain keempat bahan tersebut, krim tretinoin dan hydroqiunone juga bisa digunakan untuk masalah hiperpigmentasi kulit. Salep penghilang bekas luka juga memiliki komposisi tambahan untuk mempercepat memudarkan bekas luka. 

Rekomendasi obat penghilang bekas luka terbaik di apotek

Berikut ini beberapa salep penghilang bekas luka di apotek yang bisa memudarkan bekas luka di kulit yang menghitam.

  1. Derma Cote Gel

Derma Cote Gel memiliki tekstur gel dingin yang cepat meresap dan tidak lengket. Produk ini mengandung siklopenasiloksan atau gel silikon yang efektif memudarkan bekas luka ringan seperti luka gores, luka potong, bahkan luka bakar. Selain itu Derma Cote Gel mengandung isopropil miristat yang berfungsi merawat bekas luka, menambah kelembaban kulit, serta membuat tekstur bekas luka lebih halus. 

Derma Cote Gel bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka gelap. Namun jika bekas luka sudah bertahan lebih dari 2 tahun, Derma Cote Gel bukan solusinya.

  1. Dermatix Ultra Gel

Dermatix Ultra Gel bisa digunakan untuk mengatasi bekas luka goresan, luka bakar, keloid, dan luka lain akibat trauma. Produk ini mengandung perpaduan bahan aktif siklopentasiloksan, polimerik siloksan, dan vitamin C ester yang efektif mempercepat regenerasi sel kulit baru, meratakan tekstur kulit, dan mengurangi peradangan atau rasa sakit pada bekas luka. Produk ini juga bisa membantu mencerahkan warna kulit yang menggelap akibat luka. 

  1. Mederma Proaktif Gel

Mederma Proaktif Gel merupakan obat penghilang bekas luka yang seringkali direkomendasikan oleh dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Produk ini mengandung ekstrak lidah buaya untuk menutrisi serta membantu regenerasi kulit, serta ekstrak bawang merah untuk mencegah infeksi pada kulit. 

Menggunakan Mederma Proaktif Gel secara rutin dapat menghilangkan bekas luka lama setelah 3-6 bulan penggunaan. Untuk luka baru, bekas luka akan hilang dalam waktu 8 minggu saja.

Catatan

Menghilangkan bekas luka yang menghitam butuh waktu cukup lama, walaupun Anda menggunakan salep penghilang bekas luka sekalipun. Untuk mempercepat penyembuhan, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen di area bekas luka dan seluruh tubuh saat beraktivitas di luar ruangan. 

Minum air 2 liter per hari dan mengonsumsi makanan bergizi yang tinggi antioksidan juga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *