Menu Close

Bahan Alami dalam Produk Baby Bath yang Aman

baby bath

Bagi para pasangan yang baru memiliki buah hati, tentu membutuhkan banyak perlengkapan. Mulai dari pakaian bayi, peralatan menyusui, hingga produk baby bath. Produk baby bath merupakan kebutuhan dasar yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak produk baby bath yang harus dimiliki, seperti baby bathtub, sabun mandi, shampoo bayi, bedak, krim pelembap, dan minyak telon.

Namun, Anda perlu memperhatikan kembali produk baby bath sebelum membelinya. Pastikan produk yang digunakan aman untuk kulit bayi. Hal ini karena bayi memiliki kulit yang masih sensitif dan rentan mengalami ruam popok. 

Pilihlah produk baby bath yang mengandung ekstrak bahan-bahan alami yang mampu menjaga kelembapan dan mengatasi ruam kulit. Berikut ini beberapa bahan alami yang baik untuk kulit bayi Anda. Pastikan produk baby bath yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan alami ini.

  1. Oatmeal

Sejak dahulu, oatmeal digunakan sebagai obat rumahan untuk mengatasi kulit kering, gatal, dan iritasi kulit. Oatmeal mengandung beberapa komponen yang bisa bermanfaat bagi kulit, seperti: 

  • beta glukan yang mampu menjaga kelembapan kulit
  • fenol yang bersifat sebagai antioksidan untuk menjaga elastisitas kulit
  • saponin yang memiliki sifat seperti sabun untuk membersihkan kulit. 

Berdasarkan penelitian Kurt A. Reynertson (2015) menunjukkan bahwa oatmeal memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu memperbaiki kulit kering, bersisik, dan kasar sehingga baik untuk merawat kulit bayi.

  1. Vitamin B5 (Panthenol)

Vitamin B5 (panthenol) bersifat sebagai antiinflamasi sehingga efektif untuk mengatasi kulit kemerahan akibat peradangan, luka kecil gigitan serangga, eksim, dan ruam popok. Selain itu, vitamin B5 juga mampu membantu meningkatkan hidrasi, elastisitas, dan penampilan kulit yang halus.

  1. Minyak Bunga Calendula

Dalam bidang kecantikan, bunga calendula sering digunakan untuk membuat salep, krim, atau gel. Calendula juga bisa diolah menjadi teh dan kapsul untuk meningkatkan kesehatan. Minyak calendula dapat membantu meredakan ruam popok. Penelitian Yunes Panahi (2012) membuktikan bahwa minyak calendula terbukti efektif mampu mengobati ruam pada bayi akibat popok. 

  1. Ekstrak Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung polisakarida yang membantu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat. Selain itu, lidah buaya juga kaya akan antioksidan yang mampu penyembuhan iritasi kulit akibat ruam popok, psoriasis, eksim, dan luka bakar. 

  1. Almond Oil

Minyak almond kaya akan vitamin A dan E yang membantu menjaga elastisitas kulit dan menangkal radikal bbeas. Selain itu, minyak almond juga mengandung omega 3 yang baik untuk mengatasi peradangan dan gatal pada kulit. 

  1. Ekstrak Bunga Mawar

Ekstrak bunga mawar tinggi akan vitamin A dan C yang bersifat sebagai antioksidan dan baik untuk menjaga kulit dari polutan. Selain itu, ekstrak mawar juga bersifat antiseptik, antibakteri, dan antivirus yang mampu mengurangi peradangan kulit, meredakan nyeri, dan mencegah kanker kulit. 

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil berasal dari tanaman Australia melaleuca alternifolia yang efektif untuk meredakan gatal dan peradangan kulit. Hal ini karena tea tree oil bersifat antibakteri sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ruam. 

  1. Madu

Selain memiliki rasa yang enak, madu juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga kelembapan kulit. Madu juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang baik untuk membantu menyembuhkan iritasi kulit akibat alergi dan gigitan serangga.

Catatan SehatQ

Selain menggunakan produk dengan ekstrak bahan alami, Anda juga perlu memeriksa kandungan bahan kimia dalam produk baby bath. Hindari penggunaan produk yang mengandung paraben, sulfat, dan phenoxyethanol yang berbahaya bagi kulit bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *