Menu Close

Alasan di Balik Ramainya Rapid Swab Antigen

Di balik semakin meningkatnya kasus positif Covid 19, keberadaan alat rapid swab antigen semakin gencar dicari. Bukan hanya klinik atau rumah sakit yang menyediakan jasa kesehatan terkait swab antigen ini. Toko-toko di pinggir jalan pun banyak yang menawarkan layanan tes rapid swab antigen hingga berjejer. 

Layanan rapid swab antigen yang ditawarkan di publik saat ini setidaknya ada dua model. Yang pertama berupa layanan penuh dan dilakukan oleh tenaga profesional maupun terlatih. Lalu yang kedua adalah penawaran alat untuk melakukan rapid swab antigen dimana nantinya seseorang bisa melakukan tes sendiri di manapun. Namun, untuk pilihan yang kedua ini tidak disarankan karena bisa menimbulkan kerentanan kesalahan hasil juga iritasi pada hidup akibat penggunaan alat usap yang kurang tepat. 

Meskipun demikian, tingginya antusiasme masyarakat terhadap rapid swab antigen tidak bisa ditampik. Kira-kira apa penyebabnya? Berikut ini adalah beberapa alasan di balik ramainya rapid swab antigen pada musim pandemi Covid 19 ini. 

Harga Tes Terjangkau 

Harga layanan tes rapid swab antigen yang cukup murah dibandingkan tes swab PCR menjadi alasan banyak orang lebih merekomendasikan menjalankan tes ini dibandingkan PCR. Pemerintah sendiri sejak pertengahan Desember 2020 telah menetapkan, batas maksimal harga layanan tes rapid swab antigen sebesar Rp250 ribu untuk Pulau Jawa dan Rp275 ribu untuk luar Pulau Jawa. Pada kenyataannya, kini banyak fasilitas kesehatan ataupun toko-toko yang menawarkan layanan tes rapid swab antigen di bawah harga maksimal. Bahkan Anda bisa menemukan harga tes antigen di bawah Rp100 ribu! Namun pastikan, Anda memilih tempat terpercaya untuk melakukan tes ini guna memastikan pengerjaannya dilakukan oleh tenaga terlatih dan profesional.  

Hasil Cukup Akurat 

Sebenarnya selain tes rapid swab antigen, ada pula tes rapid antibodi yang harganya tidak kalah murah. Namun, saat ini tes rapid antibodi sudah tidak dijadikan rujukan untuk melihat ada tidaknya virus corona baru atau tubuh karena akurasinya yang tergolong rendah. Sementara itu, hasil dari tes rapid swab antigen dinilai cukup akurat. Pasalnya, tes ini bisa memperlihatkan hasil dengan tingkat akurasi hingga di atas 90 persen. 

Hasil Tes Cepat 

Banyak orang memilih layanan tes rapid swab antigen karena mempertimbangkan persoalan waktu. Sesuai namanya, rapid swab antigen memiliki kemampuan mengeluarkan hasil yang cepat. Anda hanya perlu menunggu sekitar 10—15 menit untuk bisa memperoleh hasil positif atau tidaknya ada dari Covid 19 ketika menjalani tes yang satu ini. Cepatnya pengeluaran hasil dari rapid swab antigen dikarenakan tidak perlu alat laboratorium khusus untuk mengetes sampel dari cairan yang diusap lewat hidung Anda. Alat tes sampelnya sendiri menyerupai alat seperti rapid antibodi. 

Jadi Syarat Bepergian 

Dibuatnya aturan bahwa syarat untuk bepergian ke luar daerah, khususnya menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta api, harus menunjukkan hasil tes rapid swab antigen ikut mengerek popularitas jenis tes yang satu ini. Setahun lebih dipaksa mendekam di rumah karena pandemi, mulai dibukanya pintu-pintu wisata ke daerah lain tentu sangat menggugah hasrat jalan-jalan. Tentunya mencantumkan hasil tes rapid swab antigen bukan masalah besar, mengingat cepatnya hasil tes ini sekaligus harganya yang tidak terlalu membebani kantong. 

Dijual Alat untuk Deteksi Pribadi 

Beberapa orang kerap penasaran bagaimana status kondisi kesehatan mereka dari serangan Covid 19. Daripada harus melakukan tes tiap waktu ke fasilitas kesehatan, melakukan deteksi pribadi di rumah pun menjadi pilihan sebagian orang. Dijual bebasnya alat untuk melakukan tes rapid swab antigen di rumah turut membuat ketenaran alat tes ini mencuat. Namun sekali lagi, tidak disarankan untuk melakukan tes swab antigen sendiri tanpa bantuan tenaga profesional. 

*** 

Kalau Anda sendiri, alasan apa yang membuat Anda melakukan tes rapid swab antigen? Apapun alasannya, semoga Anda selalu sehat dan hasil tes yang dilakukan menunjukkan hasil negatif. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *